Kamis, 16 Mei 2013 |
0
komentar
4.
kemudian
ubahlah ukuran kertas atau area kerjanya menjadi : panjang(widht) = 1140 px dan
lebarnya (height) = 400.1 px.
5.
Ubahlah
nama layer 1 dengan nama : “ikan biru” dan kemudian gambarlah ikan seperti yang
ada dalam lingklaran atau sesuka anda. Menggambarnya bisa menggunakan pancil
tool yang ada dalam tool box.
6. Kemudian
masukan layer baru dengan cara klik menu insert -> Timeline -> Layer.
Jika layer baru sudah jadi maka berinama layer tersebut dengan nama ”ikan
nemo”, setelah itu gambarlah ikan nemo seperti pada lingkaran.
7. Kemudian
masukan kembali layer baru dan beri nama lagi dengan nama : ikan ungu. Dan
gambarlah kembali gambar ikan seperti pada lingkaran.
9.
Buatlah layer baru dengan nama “hiasan” kemudian
gambarlah hiasan separti pada gambar. Jika sudah drag layer hiasan itu ke
paling bawah.
10.
Jika semua objek yang di butuhkan sudah
tergambar semua, sekarang kita tinggal menggerakan objek ikan tersebut. Pertama
kita akan menggerakan objek ikan pada layer yang bernama “ikan nemo”. Carannya
adalah
-
setelah itu klik kanan pada timeline yang di selaksi paling akhir dan pilih insert
frame, jika sudah klik kanan kembali pada time line tersebut dan pilih “creat
motion twin” kemudian klik kanan lagi dan pilih “insert key frame”. Jika sudah
maka akan terlihat seperti pada ggambar di bawah ini :
-
Lakukan langkah yang sama pada layer-layer yang
lain sehinhga terlihat seperti ini
-
Sekarang kita mulai lang kah menggerakannya :
o
Pertama klik kanan pada timeline layer ikan nemo
dan pilih -> pilih tmeline ke 15 atu boleh dimana saja -> jika sudah klik
kanan pada time line tersebut -> pilih inser key frame -> jika sudah di
insert kemudian geser gambar ikan nemo yang ada di dalam stage sesuai arah yang
di inginkan. Lakukan langkah yang sama pada nomor-nomor time line lainnya
sesudah time line tersebut, terserah anda mau berapa banyak geraknya. Agar
mudah lock atau kunci layer-layer yang lain.
o
Lakukan
langkah yang sama pada layer ikan yang lain yaitu pada layer “ikan biru
dan ikan ungu”
o
Jika sudah semua ikan pun akan bergerak. Tekan
CTRL + ENTER.
1 1.
Jika ingin memasukan musik ke dalam animasi
tersebut maka musik itu harus di inport ter lebih dahulu dengan cara masuk ke
menu file -> import -> inport to library.
1 2.
Jika sudah di inport ke
library kemuadan layer baru dengan nama “musik”. Jika sudah drag file musik
yang sudah ada di library ke STAGE.
1 3.
Jika sudah selesai semua, dan ingn melihat
hasilnya maka tekanlah CTRL + ENTER. Jika inginm menyimpan hasil tesebut klik
file terus save.
Asal Muasal : http://teguhashax.blogspot.com/2011/11/membuat-animasi-ikan-di-flash.html
Label:
Animasi
0 komentar:
Posting Komentar